Tips Menurunkan Demam Pada Anak Yang Paling Mujarab

cara menurunkan demam pada anak

Demam yang terjadi pada anak sebenarnya tidak selalu berbahaya dan dapat mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Demam sendiri merupakan reaksi tubuh untuk memerangi infeksi yang terjadi pada anak secara alami. Infeksi tersebut biasanya disebabkan oleh virus, bakteri ataupun parasite bisa juga karena efek dari imunisasi. Ada beberapa cara menurunkan demam pada anak yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Ciri – ciri demam pada anak

Demam pada anak ditandai dengan kenaikan suhu tubuh mencapai lebih dari 38°C. anda dapat memeriksa suhu tubuh anak menggunakan termometer. Selain itu anak yang demam juga mungkin akan tampak lebih lemas, rewel, sering menangis, gelisah, susah tidur sampai tidak mau makan atau minum. Apabila anak menunjukan gejala tersebut maka anda harus waspada dan periksakan ke dokter apabila panasnya tidak turun – turun.

Cara menurunkan demam pada anak

Sebagai cara menurunkan demam pada anak dapat dilakukan beberapa langkah alami ini kepada anak anda.

1. Berikan kompres

Langkah pertama yang dapat anda berikan ke anak ketika demam adalah dengan memberikan kompres pada tubuhnya dengan menggunakan kain yang direndam dengan air hangat selama 20-30 menit. Anda juga dapat menggunakan byebye fever untuk membantu meredakan panas pada anak.

2. Jangan memakaikan baju tebal

Menggunakan baju yang tebal akan membuat tubuh anak kepanasan dan sulit mengeluarkan panas tubuh sehingga demamnya akan sulit reda. Pilihkan baju dengan bahan yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Selimuti juga tubuh anak dengan selimut yang tebal dan nyaman.

3. Berikan makanan dan minuman yang mencukupi

Ketika anak demam pastikan kebutuhan cairan dan nutrisi anak tercukupi untuk mencegah dehidrasi. Apabila anak masih ASi maka pastikan anda menyusuinya sesering mungkin. Akan tetapi apabila anak sudah mengonsumsi MPASI atau makana padat anda dapat melanjutkan dengan pemberian ASI sambal diberikan cukup air putih agar anak tidak dehidrasi.

4. Berikan air hangat

Ketika anak demam anda tetap boleh memandikan anak dengan menggunakan air hangat. Sangat tidak dianjurkan menggunakan air dingin karena mampu menyebabkan suhu tubuh anak menjadi lebih tinggi karena kedinginan.

5. Jaga suhu ruangan

Pastikan juga suhu di ruangan tetap sejuk dan nyaman bagi anak. Hindari mengarahkan kipas angin atau AC langsung menghadap tubuh anak karena akan membuat tubuh anak lebih kedinginan.

6. Berikan obat Pereda demam

Apabila diperlukan, anda dapat menggunakan obat penurun panas pada anak. Perlu menjadi catatan anda harus menyesuaikan pemberian obat itu dengan usia dan berat badan anak atau berikan petunjuk penggunaan yang tertera [ada kemasan obat.

Itulah beberapa cara menurunkan demam pada anak yang dapat anda berikan. Dengan memperhatikan cara – cara menurunkan panas tersebut tentunya mampu membantu anda ketika anak mengalami panas.